JAKARTA – PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku Agen
Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia kembali menggelar kontes
ketrampilan pelayanan purna jual tingkat nasional untuk kategori Teknisi
Perbaikan Umum (General Repair Technician) dan kategori Kepala Teknisi
(Foreman) bertempat di Pusat Pelatihan Teknikal Toyota di Sunter.
Konsistensi TAM menggelar kompetisi jajaran teknisi bengkel resmi
Toyota di seluruh Indonesia ini bertujuan untuk memberikan pelayanan
purna jual yang prima (Service Excellence) kepada pelanggan Toyota.
Ajang yang bertajuk “Toyota National After-Sales Service Skills Contest”
(TNASSC), dihelat di Jakarta pada 26 dan 27 Mei 2012 di ikuti oleh para
pemenang kontes regional dari masing masing wilayah serta lima Main
Dealer Toyota di Indonesia.
Tahun ini TNASSC dilakukan khusus untuk area General Repair, dimana
terdapat dua kategori yakni General Repair (GR) technician yang pada
tahun 2012 ini memasuki tahun penyelenggaraan ke 25, serta kategori
Foreman yang telah memasuki tahun ketiga pelaksanaannya sejak mulai di
pertandingkan tahun 2010.
Tak kurang 22 orang peserta TNASCC yang disaring dari seluruh Bengkel
Resmi Toyota di Indonesia ikut serta di kegiatan tahun 2012 ini. Terdiri
dari 11 peserta di masing-masing kategori, yang mana mereka merupakan
pemenang dari Regional Skill Contest yang telah diadakan beberapa waktu
sebelumnya di tingkat Main Dealer Toyota.Dan diantaranya ada alumni SMKN 6 Bandung.
Dinilai berdasarkan keakuratan, kualitas, kecepatan, serta kesesuaian
dan ketaatan pada sistem SHE (Safety, Health and Environment) melalui
test tertulis maupun praktek, para kontestan di kategori GR technician
diharapkan dapat menyelesaikan persoalan teknis dan perawatan berkala
sesuai dengan prosedur baku Toyota yang telah diterapkan di semua
jaringan bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia.
Penilaian para kontestan kategori Foreman berangkat dari kemampuan untuk
dapat membantu para Service Advisor (SA) untuk dapat memberikan
penugasan kepada teknisi dengan tepat selain itu juga dari kemampuan
kontrol akan pekerjaan dan dinamika persoalan yang dihadapi saat
pekerjaan berlangsung. Melalui hal ini diharapkan para pelaku purna jual
dapat terus memberikan yang terbaik bagi pelanggan.
"Selain diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan para
teknisi saat menyelesaikan pekerjaan secara tepat, tentunya pula
memperkuat kesadaran mandiri untuk berusaha memberikan yang terbaik pada
pelanggan. Hal ini juga merupakan motivasi serta apresiasi kepada para
pelaku purna jual untuk selalu konsisten memberikan kualitas dan
efisiensi pekerjaan yang tinggi", terang Johnny Darmawan Presiden
Direktur TAM pada kesempatan yang sama.
Pemenang pertama TNASCC akan dikirim ke ajang “International Customer
Service’s Champions Annual Assembly 2013” di Jepang, selain dapat
bertemu langsung dengan para pelaku purna jual Toyota dari seluruh
penjuru dunia juga berkesempatan untuk bertemu langsung dengan Presiden
Toyota Motor Corporation.
Selain terus konsisten untuk memperkaya dan menaikkan kemampuan
khususnya di area purna jual melalui TNASSC, melalui Toyota Technical
Education Program (T-TEP) Toyota giat memberikan pembinaan lewat Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) agar jenjang pendidikan juga dapat menyesuaikan
dengan berbagai kemajuan teknologi di dunia industri sehingga nantinya
para lulusan dapat lebih siap masuk ke dunia industri dan dapat
memberikan kemampuan dengan kualitas dan standar yang tinggi.
"Melalui berbagai kegiatan ini baik TNASSC dan T-TEP diharapkan bukan
saja kepuasan pelanggan dapat terus dijaga dan ditingkatkan melainkan
juga memberikan kontribusi yang positif untuk dunia industri otomotif
pada umumnya sehingga dapat berkembang lebih baik lagi kedepannya" tutup
Johnny Darmawan.
(FH)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar